Headline News

header-int

PEREKAMAN KTP-ELEKTRONIK LANSIA PASIEN RSUD. M. ZEIN PAINAN

Senin, 08 Jul 2019, 13:02:58 WIB - 35 | Anton Mahendra Amra
PEREKAMAN KTP-ELEKTRONIK LANSIA PASIEN RSUD. M. ZEIN PAINAN

Painan (08/07). Petugas Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pesisir Selatan pada hari ini, Senin (08/07), melakukan perekaman terhadap salah seorang pasien Rumah Sakit Umum Daerah M. Zein Painan. Pasien atas nama Bakri (93 tahun) warga Subarang Labuah, Bukit Siayah Kenagarian Lumpo Kecamatan IV Jurai telah dirawat di Bangsal Penyakit Dalam RSUD M. Zein Painan selama beberapa hari, namun terkendala untuk kelengkapan persyaratan administrasi dalam pengurusan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di BPJS Kesehatan yang harus dilengkapi dengan Dokumen Kependudukan berupa Kartu Keluarga dan KTP Elektronik.

Pihak keluarga setelah diinformasikan oleh petugas jaga bangsal, menyampaikan kepada petugas piket Pojok Lado Kutu Dukcapil yang berada pada loket pendaftaran pasien RSUD M. Zein Painan bahwa pasien tidak memiliki KTP elektronik dan belum melakukan perekaman data KTP elektronik. Petugas piket meneruskannya kepada petugas perekaman keliling di Dinas Dukcapil, dan langsung menurunkan tim ke RSUD M. Zein Painan.

Perekaman KTP elektronik bagi pasien rumah sakit ini memang telah sering kali dilakukan oleh petugas Disdukcapil bagi pasien untuk melengkapi dokumen kependudukan sebagai syarat kepesertaan JKN-KIS. Program ini merupakan salah satu implementasi dari kerjasama antara Dinas Dukcapil dengan RSUD M. Zein Painan dan BPJS Pesisir Selatan. Kegiatan ini tentunya sangat membantu bagi pasien dalam melengkapi persyaratan pengurusan JKN-KIS, namun Dinas Dukcapil selalu menghimbau warga masyarakat agar segera melakukan perekaman KTP elektronik bagi penduduk yang telah berusia 17 tahun dan atau telah menikah. “Terutama bagi anak-anak kita yang telah cukup umur dan juga orang tua kita yang belum memiliki KTP elektronik, sehingga tidak menunggu kondisi dan keadaan mendesak dibutuhkan” demikian ungkap Kadis Dukcapil, Evafauza Yuliasman Dt. MA. Tigo Lareh ditiap kesempatan.(Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube