Headline News

header-int

OPTIMALISASI PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Rabu, 28 Agu 2019, 18:21:01 WIB - 22 | YUSMARDIANTO
OPTIMALISASI PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Painan, 28 Agustus 2019 Bertempat di Hannah Hotel Syari’ah Jalan Ilyas Yakub No. 09 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK). Acara yang dilaksanakan hari rabu sampai jumat 21-23 agustus 2019 di ikuti oleh Disdukcapil Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat dan Acarapun di Buka langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Dukcapil Provinsi Sumatera Barat H. Novrial, SE.MA, Akt yang di wakili oleh Sekretaris DPPKBKPS Provinsi Sumatera Barat Putri Reno Sari.

Pada kesempatan acara tersebut beliau menyampaikan “bahwa aturan pelaksanaan administrasi kependudukan sudah sangat jelas dan tegas terjabarkan dalam UU.23/2006 yang selanjutnya disempurnakan dengan UU.24/ 2013, kemudian diturunkan dengan PP.37/2007 yang lalu disempurnakan lagi dengan PP.102/2012 sehingga semua aspek di dalam sistem administrasi kependudukan sudah sangat jelas SOP pelaksanaannya, termasuk didalamnya siklus akhir berupa pengelolaan informasi adminduk berupa pengolahan dan pemanfaatan data kependudukan yang tegas disebutkan dalam pasal 58 UU.24/2013, tegas beliau.

Perbedaan persepsi antara disdukcapil sebagai lembaga yang berjalan dengan konsep tegak lurus dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, dengan lembaga pengguna pemanfaat informasi/ data atau bahkan masyarakat, tentu saja ada, dan bahkan pada beberapa kasus menjadi viral di media sosial karena adanya perbedaan pemahaman dan persepsi tersebut.

Sebagai langkah antisipatif untuk masalah serupa dikemudian hari, sekaligus sebagai upaya mempersiapkan SDM terkait seperti pejabat pada bidang terkait, administrator database (ADB) dan operator, maka peningkatan kompetensi untuk tujuan integritas, profesionalisme dan fasilitasi komunikasi/ informasi dalam pola bimbingan teknis adalah salah satu solusi yang harus tetap dilakukan setiap periode, seiring dengan dinamika persepsi banyak pihak tentang informasi/ data kependudukan.

Bagi yang berpikiran positif, tentunya apa yang sudah ada dan tersaji dalam Data Konsolidasi Bersih yang di olah/ dibersihkan/ disajikan setiap semester adalah sebuah masterpiece pengolahan dan penyajian data yang siap dimanfaatkan, sampai saat ini sulit untuk dicarikan komparasinya. Namun dilain pihak, bagi yang masih mempertanyakan atau ingin tahu lebih detail, sepanjang sesuai aturan utamanya terkait prinsip kehati-hatian pengamanan data tentu tetap menjadi kewajiban jajaran disdukcapil untuk menjelaskannya.

Pepatah bisa saja mengatakan tidak ada gading yang tidak retak, kalau kita fokus mencari retaknya maka sangat mungkin akan ditemui karena secanggih apapun sistem/ aplikasi adalah tetap buatan manusia. Namun kalau kita fokus kepada gadingnya, maka semua kita akan menikmati gading tersebut dengan penuh rasa syukur melihat bagaimana gading itu diciptakan sehingga bisa kita lihat dan nikmati bersama hari ini” tutupnya

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube