Headline News

header-int

KOLABORASI DISDUKCAPIL DAN DINSOS LAKUKAN LAYANAN ADMINDUK BAGI DISABILITAS

Kamis, 08 Agu 2019, 18:46:58 WIB - 18 | Anton Mahendra Amra
KOLABORASI DISDUKCAPIL DAN DINSOS LAKUKAN LAYANAN ADMINDUK BAGI DISABILITAS

Painan (08/08). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pelayanan adminduk bagi masyarakat disabilitas di Kantor Camat IV Jurai pada kegiatan Rehabilitasi Sosial bagi Penyandang Disabilitas yang digelar oleh Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Kamis (08/08). Dinas Sosial Provinsi Sumbar dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan memfasilitasi kegiatan ini dengan mengumpulkan penyandang disabilitas se-Kecamatan IV Jurai dan sekitarnya untuk melengkapi persyaratan sebagai penerima manfaat program bantuan pemerintah bagi penyandang disabilitas.

Dokumen kependudukan merupakan persyaratan utama dalam program bantuan pemerintah ini sehingga Dinas Sosial, PP & PA berkolaborasi dengan Dinas Dukcapil untuk melakukan verifikasi dan validasi data serta untuk melengkapi dokumen kependudukan bagi peserta. Dinas Dukcapil juga melakukan perekaman KTP elektronik bagi peserta yang telah wajib KTP dan pencetakan dokumen kependudukan bagi peserta yang memperbaharui data atau yang belum memiliki dokumen sama sekali.

“Kolaborasi ini sangat baik sekali karena dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus yang selama ini mungkin belum tersentuh pelayanan adminduk, dan bagi Dinas Dukcapil ini juga merupakan upaya memberikan pelayanan yang dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat serta peningkatan validitas data dan kepemilikan dokumen kependudukan” ujar Edi Siswadi, SE, MM, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pesisir Selatan.

Ini merupakan upaya bagi Dinas Sosial dalam menciptakan database yang valid bagi peserta program bantuan pemerintah yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). “Kita akan tetap berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait data dan dokumen kependudukan untuk kelancaran program bantuan pemerintah baik yang dianggarkan oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten” jelas Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, PP & PA Pesisir Selatan, Harmen Sabri. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube