Headline News

header-int

DATA KEPENDUDUKAN SEBAGAI PERSYARATAN LAHAN DAN PEKEBUN PESERTA PROGRAM PEREMAJAAN KELAPA SAWIT RAKY

Kamis, 04 Jul 2019, 17:01:27 WIB - 52 | HERU MALZ HARPENDI, S.Kom
DATA KEPENDUDUKAN SEBAGAI PERSYARATAN LAHAN DAN PEKEBUN PESERTA PROGRAM PEREMAJAAN KELAPA SAWIT RAKY

Painan (04/07) Rapat Koordinasi tanggal 3 Juni 2019 di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pesisir Selatan yang diinisiasi oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pesisir Selatan ini menghadirkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pesisir Selatan seperti Dinas Koperindag dan UMKM, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dari (OPD) Provinsi Sumatera Barat dihadiri Dinas Kehutanan Provinsi yang diwakili oleh UPT KPPH/KPH Pesisir Selatan dan Instansi Vertikal di daerah dihadiri oleh Badan Pertanahan Nasional Pesisir Selatan, serta Tim Rekomendasi Teknis Peremajaan Kelapa Sawit Kabupaten Pesisir Selatan yang dibentuk oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pesisir Selatan.

Dalam rapat koordinasi ini dipaparkan program Peremajaan (replanting) Kelapa Sawit Rakyat yang merupakan program pemerintah pusat dan Kab. Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah penerima manfaat dari program tersebut. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan sebagai leading sector program ini didaerah dituntut untuk menyiapkan beberapa bahan administrasi sebagai bahan ajuan dari masyarakat anggota kelompok pekebun dan atau koperasi perkebunan. Dengan demikian dilakukan koordinasi dengan OPD Kabupaten, OPD Provinsi dan Instansi Vertikal yang terkait dan sebagai penunjang dalam pelaksanaan program pemerintah tersebut.

Kaitan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sendiri adalah mengenai data dan dokumen kependudukan dari anggota kelompok pekebun atau anggota koperasi perkebunan yang akan diusulkan dalam program tersebut. Salah satu persyaratannya adalah setiap anggota kelompok atau koperasi harus terdata sebagai penduduk Kab. Pesisir Selatan dengan melampirkan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tentu menyambut baik dan mendukung sepenuhnya program pemerintah yang telah menggunakan data dan dokumen kependudukan sebagai basis data. Untuk itu, Dinas Dukcapil akan membantu verifikasi dan validasi data dan dokumen kependudukan dari calon peserta program tersebut sehingga usulan dari Pemerintah Daerah Pesisir Selatan kepada Pemerintah Pusat dapat diterima dan tidak mengalami kendala dalam hal data dan dokumen kependudukan. Dinas Dukcapil akan membuka jalur komunikasi dan pelayanan bagi calon peserta dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan sebagai fasilitator dengan dukungan Unit kerja Layanan (UKL) Kecamatan sesuai domisili calon peserta.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube