Headline News

header-int

Unit Kerja Layanan (UKL) Kembali Gencarkan Kartu Identitas Anak

Rabu, 09 Okt 2019, 11:22:05 WIB - 11 | HERU MALZ HARPENDI, S.Kom
Unit Kerja Layanan (UKL) Kembali Gencarkan Kartu Identitas Anak

Painan, (9/10) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan melalui Unit Kerja Layanan Kecamatan Koto XI Tarusan kembali gencarkan percepatan KIA (Kartu Identitas Anak). Program yang digagaskan oleh Pemerintah Pusat sejak dimulai 2016 lalu, rencana program KTP Anak ini mulai berlaku secara nasional pada tahun 2019 mendatang.

Untuk mendukung program tersebut orang tua juga turut serta dalam pembuatan KIA, karena anak-anak pastinya hanya akan ikut apa yang dilakukan orang tuanya. Jika dulu orang tua dalam hal ini ibu yang baru melahirkan anaknya hanya perlu mengurus akta lahir, kini ada tambahan tugas yaitu mengurus KIA. Setelah KIA selesai, anak tersebut sudah dianggap legal sebagai WNI, sebagaimana yang telah diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 2 Tahun 2016 mengenai Kartu Identitas Anak.

Oleh karena itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali menegaskan kepada setiap UKL Dukcapil disetiap kecamatan untuk selalu bergerak cepat dalam mengoptimalkan progress KIA tersebut. Maka hari ini tanggal 09 Oktober 2019 UKL Dukcapil kecamatan Koto XI Tarusan mendatangi salah satu Sekolah Dasar Negeri 06 Kampung Pansur dalam penyerahan KIA sebanyak 46 Keping. Karena sebelumnya UKL Dukcapil Koto XI Tarusan sudah terlebih dahulu meminta data siswa SDN 06 tersebut untuk di buat kan KIA.

Dengan harapan tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat mewujudkan pencapaian maksimal dari target Pemerintah Pusat berikan Kepada Dinas Dukcapil Kab.Pesisir Selatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube