Berita Pilihan
PELAYANAN ADMINDUK DIMASA PANDEMI COVID-19
Kamis, 06 Agu 2020, 18:01:53 WIB - 200 |
Painan (07/20). Dalam masa krisis kesehatan yang tengah melanda sebagian besar negara di dunia dengan mewabahnya Corona Virus Desease-2019 atau yang lebih dikenal sebagai COVID-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan tetap memberikan pelayanan administrasi kependudukan dengan menerapkan layanan berbasis teknologi informasi secara daring dan juga layanan yang mewajibkan tatap muka seperti perekaman KTP elektronik.
Pada layanan daring (Online), Dinas Dukcapil telah menyediakan beberapa jalur/kanal yang dapat diakses oleh masyarakat menggunakan telepon genggam pintar dan komputer berjaringan internet sehingga permohonan pelayanan administrasi kependudukan dapat dilakukan oleh masyarakat tanpa harus datang ke tempat pelayanan. Adapun dokumen yang telah diproses dan dicetak akan diantar langsung ke alamat oleh petugas Unit Kerja Layanan Kecamatan (UKL). Untuk layanan perekaman KTP elektronik tetap berjalan seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran wabah covid-19 dan sesuai arahan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemedagri bahwa untuk pelayanan tatap muka perekaman KTP elektronik dapat dilaksanakan bagi masyarakat yang sangat membutuhkan/mendesak.
“Data dan dokumen kependudukan merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat maka sebagai institusi pemerintah dalam bidang administrasi kependudukan, kita berkewajiban untuk tetap memberikan pelayanan terhadap masyarakat sesuai kebutuhan namun dengan tetap mengikuti statndar kesehatan dan SOP yang berlaku selama masa pandemi covid-19 ini” tegas Evafauza Yuliasman, Dt. M.A Tigo Lareh, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan.
Petugas pelayanan di dinas dan seluruh Unit Kerja Layanan Kecamatan sudah dibekali dengan peralatan perlindungan diri dan disediakan tempat cuci tangan serta dengan mengatur jarak antrian sehingga tidak ada warga yang berkumpul dalam ruangan. Selain itu masyarakat juga dianjurkan untuk menggunakan layanan daring melalui aplikasi pada telepon pintar. “Masyarakat tetap terjaga, terlayani dan petugas terlindungi” tutup Kepala Dinas. (Ant)
05 Mar 2024 20:45:52 WIB DUKCAPIL PESSEL IKUTI RAKORNAS DUKCAPIL BATAM 19 ~ RED |
05 Mar 2024 20:30:09 WIB KEMENAG DAN DUKCAPIL PESSEL SERIUS KOORDINASIKAN RENCANA PKS 17 ~ RED |
04 Mar 2024 18:13:05 WIB DISDUKCAPIL PESSEL KONSOLIDASI DENGAN KPUD PESSEL TERKAIT DATA PEMILIH MENINGGAL PADA PEMILU 2024 20 ~ RED |
04 Mar 2024 17:46:59 WIB DUKCAPIL PESISIR SELATAN RAIH PENGHARGAAN PELAYANAN PUBLIK 61 ~ RED |
01 Mar 2024 18:00:17 WIB PERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL DAN MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 20 ~ RED |
28 Feb 2024 18:24:50 WIB DUKCAPIL PESISIR SELATAN BANTU WARGA TERTIMPA MUSIBAH KEBAKARAN 41 ~ RED |
25 Jan 2024 17:00:28 WIB MONEV RUTIN KE UKL DISDUKCAPIL KECAMATAN IV JURAI 56 ~ RED |
19 Jan 2024 09:13:29 WIB PENDUDUK PESSEL 528.381 JIWA, DKB SEMESTER 2 TAHUN 2023 DIRILIS 48 ~ RED |
STATISTIK PENGUJUNG
7 Pengunjung Hari ini | 20 Pengunjung Kemarin | 69,872 Semua Pengunjung | 164,574 Total Kunjungan | 44.197.116.176, IP Address Anda