Berita Pilihan
MONITORING RUTIN JARINGAN PELAYANAN OLEH TIM TEKNIS DISDUKCAPIL

Jumat, 05 Jul 2019, 14:46:44 WIB - 464 |
Painan (05/07). Jaringan Komunikasi Data (JARKOMDAT) merupakan nyawa dari pelayanan yang berbasis web service. Demikian halnya dengan Pelayanan Adminduk dengan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia. Sebagai sarana paling penting dalam pelaksanaan pelayanan adminduk bahkan bisa disebut sebagai “Nyawa Pelayanan” maka monitoring dan pemeliharaan rutin merupakan suatu keharusan agar jaringan pelayanan tetap berjalan tanpa kendala.
Pada hari ini, Jum’at (05/07), Tim Teknis Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK & PD) Disdukcapil melaksanakan monitoring dan pemeliharaan jaringan komunikasi data di beberapa Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan. Kondisi yang ditemui dilapangan, adanya gangguan jaringan komunikasi data pada UKL Kecamatan Sutera sehingga pelayanan adminduk pada UKL Sutera mengalami kendala.
Setelah berkoordinasi dengan provider penyedia jaringan dan konsultan teknis jaringan dari pihak DataLink, tim teknis melakukan perbaikan perangkat dan settingan pada perangkat pelayanan dilanjutkan dengan ujicoba koneksivitas antara perangkat pelayanan dengan server database pelayanan di dinas kabupaten. Ujicoba penarikan dan pengiriman data dari dan menuju server database pusat di kemendagri juga dilaksanakan dan di observasi dalam waktu tertentu sehingga pelayanan adminduk dinyatakan telah dapat berjalan dengan lancar.
Terkait dengan infrastruktur jaringan yang memang bisa dikatakan cukup”tua” dan tidak berbanding lurus dengan perkembangan dunia Teknologi Informasi (TI) namun hal tersebut tidak membuat kita mengurangi kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Sebagaimana disampaikan oleh Sartoni Nursalim, S.Kom (Kepala Bidang PIAK & PD Disdukcapil Kab. Pesisir Selatan) bahwa Dirjen Dukcapil Kemendagri sendiri menyatakan bahwa infrastruktur jaringan komunikasi data pelayanan adminduk memang sudah sepantasnya untuk diperbaharui karena telah ada dan digunakan sejak tahun 2009 – 2010 sehingga jangankan perangkat di daerah, perangkat yang ada di pusat pun harus di perbaharui.(Ant)
23 Sep 2025 11:48:51 WIB SK. PENETAPAN STANDAR PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PESISIR SELA 15 ~ FIO DENCI FAKHRYA, SH |
25 Jul 2025 09:36:28 WIB HASIL SURVEY SKM DINAS DUKCAPIL KAB. PESISIR SELATAN 2025 69 ~ FIO DENCI FAKHRYA, SH |
27 Mar 2025 12:21:34 WIB Tim Teknis PIAK & PD DUKCAPIL Kab. Pesisir Selatan Melakukan Pemasangan Jaringan VPN di beberapa UKL 203 ~ CHANDRA MARDIANSYAH |
05 Nov 2024 21:03:28 WIB Dinas Dukcapil Kab. Pessel Lakukan Perekaman E KTP Bagi Warga Penyandang Disabilitas dan Lansia 192 ~ CHANDRA MARDIANSYAH |
05 Nov 2024 20:37:46 WIB Perekaman KTP-El Pemula Jemput Bola di SMA Negeri 1 Bayang 104 ~ CHANDRA MARDIANSYAH |
01 Nov 2024 11:15:58 WIB PEREKAMAN KTP PEMULA DIBEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN PESISIR SELATAN 96 ~ NINI BUSTAMAR |
26 Agu 2024 14:52:37 WIB Pemusnahan KTP-el di UKL Kecamatan Rahul Tapan 145 ~ CHANDRA MARDIANSYAH |
26 Agu 2024 11:54:55 WIB Pelayanan berputar Salam Sapa Ke Pintu Rumah oleh UKL Batang Kapas 103 ~ NINI BUSTAMAR |
STATISTIK PENGUJUNG
7 Pengunjung Hari ini | 15 Pengunjung Kemarin | 80,332 Semua Pengunjung | 180,345 Total Kunjungan | 216.73.216.180, IP Address Anda