Headline News

header-int

DISDUKCAPIL LUNCURKAN BUKU PROFIL KEPENDUDUKAN SEMESTER II 2018

Selasa, 08 Okt 2019, 18:45:09 WIB - 17 | Anton Mahendra Amra
DISDUKCAPIL LUNCURKAN BUKU PROFIL KEPENDUDUKAN SEMESTER II 2018

Painan, (08/10). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan telah meluncurkan Buku Profil Perkembangan Kependudukan Kabupaten Pesisir Selatan Semester II Tahun 2018 secara resmi pada hari Senin (07/10). Buku Profil Kependudukan ini memuat data penting kependudukan berupa Kuantitas, Kualitas, Mobilitas dan Cakupan Kepemilikan Dokumen Kependudukan berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester II Tahun 2018 yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada Bulan Maret 2019 lalu.

Data kependudukan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 dapat dimanfaatkan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, pengalokasian anggaran, pembangunan demokrasi, penegakkan hukum dan pencegahan kriminal. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi rujukan bagi sektor-sektor pembangunan daerah maupun pelaku pelayanan publik untuk menyusun kebijakan dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

Pemanfaatan database kependudukan Kabupaten Pesisir Selatan berpedoman kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Profil Perkembangan Kependudukan dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 474/8458/MD tanggal 20 Desember 2012 perihal Penyusunan Profil Perkembangan Kependudukan yang diterbitkan secara periodik setiap tahunnya dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan bahan analis dalam memacu efektifitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Bupati Pesisir Selatan, H. Hendra Joni, SH, MH, dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat akan dapat dicapai dengan baik, bila didukung dengan tersedianya data dan informasi yang benar, akurat dan lengkap guna proses perencanaan dan pengambilan keputusan. “Buku profil ini dapat dijadikan sebagai Basic Data dan informasi dalam penyamaan persepsi. Jadi saya berharap agar seluruh perangkat daerah dapat mengoptimalkan pemanfaatan buku ini” tegas beliau.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil, Evafauza Yuliasman, Dt. M.A Tigo Lareh, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Penyusun Buku Profil dan juga mengharapkan masukan, saran dan kritikan dari perangkat daerah pengguna data ataupun masyarakat luas yang memanfaatkan data buku profil tersebut. “Buku ini akan segera kita distribusikan kepada seluruh perangkat daerah, kecamatan dan lembaga-lembaga lain yang dirasa perlu” tutup Kepala Dinas Dukcapil. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube