Headline News

header-int

SOSIALISASI SISTEM PEMETAAN NAMA KAMPUNG (SIPENAMPUNG)

Kamis, 12 Sep 2019, 19:33:08 WIB - 51 | Anton Mahendra Amra
SOSIALISASI SISTEM PEMETAAN NAMA KAMPUNG (SIPENAMPUNG)

Painan (12/09). Pencatatan nama kampung pada Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selama ini merupakan input secara manual oleh operator pelaksana pelayanan sesuai dengan bahan pengantar yang diajukan oleh masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Hal ini sebagaimana dinformasikan oleh Tim Teknis Aplikasi SIAK Direktorat PIAK Dirjen Dukcapil Kemendagri bahwa untuk penulisan nama kampung diserahkan kepada pengelola SIAK di Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota agar penulisannya menyesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya. Namun hal tersebut ternyata menimbulkan perbedaan mendasar dalam database kependudukan karena dalam penulisan nama kampung banyak terdapat perbedaan ejaan, abjad dan pemberian tanda baca sehingga terjadi kerancuan dalam penulisan untuk kampung yang sama.

Untuk memperbaiki keadaan tersebut maka perlu ditetapkan sebuah sistem untuk penetapan penulisan nama kampung dan diterapkan dalam aplikasi SIAK sehingga dalam pelayanan adminduk tidak terjadi lagi perbedaan penulisan nama kampung tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Pesisir Selatan, Masril, S.Kom, M.Si, pada Kegiatan Sosialiasi dan Implementasi Sistem Pemetaan Nama Kampung di Aula Pertemuan Kantor Camat IV Jurai, Kamis, 12 September 2019. Sosialisasi dan implementasi sistem yang diberi nama “SIPENAMPUNG” ini turut dihadiri oleh Camat IV Jurai, Salman Afaritsi B, S.STP, M.si dan Syafruddin, SH, M.Si, Kepala Bidang Penyelenggara E-Goverment Dinas Kominfo Pesisir Selatan dengan peserta seluruh Wali Nagari se-Kecamatan IV Jurai berikut Operator Nagari.

Kegiatan ini merupakan Area Perubahan yang diinisiasi oleh Masril, S.Kom, M.si sebagai materi Proyek Perubahan dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat III yang sedang diikutinya.”Disini kita memilih Kecamatan IV Jurai sebagai Pilot Project dan secara bertahap sampai dengan pertengahan tahun 2020 nanti sistem ini akan diberlakukan di seluruh kecamatan” ujar beliau. Rencana Proyek Perubahan SIPENAMPUNG ini disambut antusias dan didukung penuh oleh seluruh Pemerintah Nagari karena dengan sistem ini pemerintah nagari tentunya akan memperoleh data kependudukan yang akurat dan mutakhir.

Dinas Kominfo sebagai pengelola dan pelaksana E-Goverment juga menyambut baik sistem ini dan berharap agar segera dilakukan sinkronisasi antara aplikasi SIPENAMPUNG ini dengan aplikasi Sistem Informasi Nagari (SINAR) yang dikelola oleh kominfo dalam rangka penyempurnaan program Smart Nagari yang telah berjalan. “Dengan tertatanya data kependudukan dalam aplikasi SIPENAMPUNG ini tentu sangat mendukung penyajian data dalam aplikasi kominfo yang digunakan oleh Pemerintah Nagari” ujar Syafruddin, SH, M.Si.

“Dengan berjalannya aplikasi ini, diharapkan entri data pada pelayanan adminduk nantinya sesuai dengan nama kampung yang tertera dalam Peraturan Daerah tentang pembentukan dan pemekaran nagari yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah bersama DPRD dan lebih memudahkan kita dalam pendataan penduduk sebagai data dasar dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan diberbagai sektor” tutup Masril, S.Kom, M.si. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube