Headline News

header-int

PESSEL IKUTI FORUM DUKCAPIL DUDUK BERSAMA PROVINSI SUMBAR-RIAU-JAMBI

Minggu, 30 Jun 2019, 14:55:13 WIB - 30 | HERU MALZ HARPENDI, S.Kom
PESSEL IKUTI FORUM DUKCAPIL DUDUK BERSAMA PROVINSI SUMBAR-RIAU-JAMBI

Painan, (30/06) Bertempat di Hotel Nuansa Maninjau Resort Kabupaten Agam di laksanakan acara Forum Dukcapil Bersama Provinsi Sumatera Barat-Riau-Jambi, acara yang diadakan mulai tanggal 27 sampai 28 Juni 2019 di hadiri oleh Dukcapil se Sumatera Barat, Riau dan Jambi dan berkesempatan hadir dari Kabupaten Pesisir Selatan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pesisir Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Bapak Edi Siswadi, SE,MM. Beliau mengatakan “bahwa acara tersebut sangat bagus dan bermanfaat baik untuk Kabupaten Pesisir Selatan maupun bagi Kabupaten/Kota lainnya di Sumbar, Riau dan Jambi”. Ungkapnya.

Acara yang di buka langsung oleh Bupati Kabupaten Agam Indra Catri sekaligus menyampaikan apresiasinya atas kerja keras Pelayanan dukcapil selama ini serta pemikiran yang baik terciptanya acara forum Dukcapil duduk bersama Provinsi Sumbar Riau dan Jambi.

Beliau juga menambahkan “Keberadaan Forum Dukcapil di suatu Provinsi yang anggotanya adalah semua Kabupaten/Kota, perlu diperluas cakupan adopsi-tiru-modifikasi (ATM) dan hal-hal baik (good practices) nya ke Provinsi lain, sehingga melahirkan konsep Forum Bersama beberapa Provinsi yang Alhamdulillah sudah terwujud antara Forum Jambi-Riau-Sumbar sebagai inisiasi Forum Sumatera Barat” terangnya.

Dalam Kesempatan lain Kepala Dinas PPKBKPS Provinsi Sumbar Bapak H. Novrial, SE, MA, Akt menambahkan “semua Kantor Disdukcapil Kabupaten/Kota mempunyai tugas fungsi yg sama, diatur tegas dlm UU. 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan. Tugas-tugas rutin itu antara lain pelayanan pendaftaran penduduk dengan output KK dan KTP, pelayanan pencatatan sipil dengan output berbagai Akta Catatan Sipil, Pengolahan data kependudukan yang berbasis sistim terpusat (SIAK) dan Pemanfaatan data kependudukan untuk meyakinkan lembaga lain menggunakan data kependudukan sebagaimana ditegaskan dalam pasal 58 UU 24/2013 tersebut.

Walaupun ada aturan yang jelas, namun dalam melaksanakannya tentu ada seni, kreasi dan inovasi berbeda di masing Kabupaten/ Kota dalam upaya percepatan pencapaian target yang di bebankan Pemerintah Pusat secara detail setiap tahunnya. Perbedaan seni, kreasi dan innovasi itulah yang membedakan respon tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani dan tingkat pencapaian realisasi target-target tahunan.

Untuk penyamaan SOP pelayanan dan kreasi / inovasi tersebut, disepakati prinsip adopsi-tiru-modifikasi (ATM) hal-hal baik (good practices) yang ada di satu daerah oleh daerah lain, sekaligus untuk upaya bahu membahu mengangkat capaian daerah lain yang masih rendah. Beberapa agenda sudah disepakati, seperti ATM good practices, fasilitasi pelayanan wilayah berbatasan geografis, kesamaan perlakuan pindah datang antar penduduk dan fasilitasi pelayanan perantau masing-masing di daerah Provinsi tetangga. Sebagai sebuah inisiasi dan kesepahaman dan kesepakatan awal, semoga Forum Bersama ini menjadi komitmen Disdukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota di 3 Provinsi untuk memberikan pelayanan yang lebih membahagiakan masyarakat” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube