Headline News

header-int

PEMADAMAN LISTRIK DI IBU KOTA PENGARUHI PELAYANAN ADMINDUK

Kamis, 08 Agu 2019, 18:20:48 WIB - 20 | Anton Mahendra Amra
PEMADAMAN LISTRIK DI IBU KOTA PENGARUHI PELAYANAN ADMINDUK

Painan (08/08). DKI Jakarta dan beberapa provinsi di Pulau Jawa mengalami pemadaman listrik total pada Hari Minggu (04/08) yang lalu. Pemadaman ini berlangsung dari siang sampai dengan tengah malam. Menurut Plt. Dirut PT. PLN, Sripeni Inten Cahyani, penyebab utama padamnya listrik ini karena adanya gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang di Jawa Tengah (Liputan 6).

Padamnya listrik di DKI Jakarta dan sekitarnya tersebut ternyata juga berimbas kepada pelayanan adminduk. Hal ini dirasakan pada hari kerja setelah peristiwa tersebut. Pelayanan adminduk dengan penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang langsung terhubung dengan server layanan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sepertinya mengalami perlambatan. Proses sertifikasi dokumen adminduk yang diajukan oleh disdukcapil biasanya hanya dalam hitungan menit, namun setelah peristiwa pemadaman listrik ini, petugas layanan menunggu sampai dengan hitungan jam dan bahkan ada dokumen yang gagal disertifikasi. Hal ini tentunya mempengaruhi layanan adminduk yang diberikan kepada masyarakat.

“Hal ini memang belum ada konfirmasi langsung dari BSrE atau Dirjen Dukcapil Kemendagri, namun dari informasi yang beredar di WA Group Dukcapil Nusantara, ternyata hampir seluruh daerah yang telah menerapkan layanan berbasis TTE mengalami hal yang sama dan diperkirakan server layanan BSrE mengalami gangguan akibat pemadaman listrik tersebut” demikian dijelaskan oleh Sartoni Nursalim, S.Kom, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Pesisir Selatan.

Layanan yang terdampak adalah layanan pencetakan dokumen kartu keluarga dan akta kelahiran yang telah menggunakan TTE. Langkah antisipasi yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil adalah memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa pengurusan dokumen tersebut berkemungkinan agak melambat dan seiring dengan hal itu tenaga teknis dinas juga tetap berkoordinasi dengan pihak terkait di Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk kelancaran pelayanan.

"Kepada masyarakat kami himbau agar tetap mengurus kebutuhan adminduknya karena pelayanan tetap berjalan walaupun agak melambat, semoga hal ini tidak berlarut dan cepat ditangani oleh lembaga terkait sehingga pelayanan kita dapat kembali normal" tutup Kabid PIAK & PD.(Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube