Headline News

header-int

PEKAN PENDAFTARAN PENDUDUK PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2019

Selasa, 30 Jul 2019, 18:34:44 WIB - 42 | Anton Mahendra Amra
PEKAN PENDAFTARAN PENDUDUK PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2019

Lima Puluh Kota (30/07). Pekan Pendaftaran Penduduk Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 telah dibuka secara resmi oleh Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi. Tahun 2019 ini merupakan kegiatan Pekan Dafduk yang ketiga kalinya digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat dan akan berlangsung mulai Tanggal 30 Juli sampai dengan 2 Agustus 2019.

Kegiatan Pekan Pendaftaran Penduduk ini merupakan sebuah terobosan yang dilakukan oleh Dinas PPKBKPS Provinsi Sumatera Barat dalam upaya peningkatan angka perekaman KTP elektronik bagi penduduk wajib KTP dan peningkatan kepemilikan KTP elektronik bagi penduduk yang telah melakukan perekaman KTP namun belum memperoleh cetakannya. Pada kegiatan tahun ini dilakukan pola yang agak berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya penetapan lokasi kegiatan berdasarkan daerah dengan capaian target perekaman KTP elektronik terendah di Provinsi Sumatera Barat, untuk tahun ini, Kabupaten Lima Puluh Kota ditunjuk karena memiliki angka perekaman dan pencetakan KTP elektronik yang cukup tinggi, yaitu 97,5 % perekaman dan 97,3 % pencetakan KTP elektronik.

“Ini merupakan uji optimalisasi capaian bagi kita Dinas Dukcapil, karena dengan capaian yang cukup tinggi tersebut, sebagai tantangannya kita akan membuktikan keberadaan 6.754 penduduk yang belum perekaman dan 7.194 penduduk yang belum memiliki KTP elektronik di Kabupaten Lima Puluh Kota ini, apakah memang masih berdomisili disini atau ada alasan lain mengapa masih terdapat angka tersebut” demikian disampaikan Kepala Dinas PPKBKPS Provinsi Sumatera Barat, Novrial, SE, M.Akt.

Dinas Provinsi dan Tim dari 19 Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota akan berkolaborasi untuk menuntaskan angka belum perekaman dan belum memiliki KTP elektronik tersebut. Kegiatan rekam cetak KTP elektronik ini akan disebar di Nagari yang telah ditentukan dan SLTA yang yang ditunjuk. Masing-masing tim akan bertanggungjawab untuk melayani perekaman dan pencetakan KTP elektronik khusus bagi penduduk yang belum rekam dan belum pernah memiliki KTP elektronik sama sekali.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan yang turut serta dalam tahun ini menurunkan 3 orang petugas dan melibatkan mobil unit pelayanan kependudukan keliling (Mobyanduk) dan sesuai jadwal dan lokasi yang ditentukan, Tim Pesisir Selatan bertempat di Nagari Taram dan SMAN 1 Harau. “ Kita akan bahu membahu untuk menuntaskan tugas ini dengan Kabupaten/Kota lain sehingga target yang diharapkan dapat tercapai” ungkap Cipto, SE, Kepala Seksi Identitas Penduduk Dukcapil Pesisir Selatan yang akan bertugas di Kabupaten Lima Puluh Kota selama 5 hari ini. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube