Headline News

header-int

MONITORING RUTIN JARINGAN PELAYANAN OLEH TIM TEKNIS DISDUKCAPIL

Jumat, 05 Jul 2019, 14:46:44 WIB - 34 | Anton Mahendra Amra
MONITORING RUTIN JARINGAN PELAYANAN OLEH TIM TEKNIS DISDUKCAPIL

Painan (05/07). Jaringan Komunikasi Data (JARKOMDAT) merupakan nyawa dari pelayanan yang berbasis web service. Demikian halnya dengan Pelayanan Adminduk dengan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia. Sebagai sarana paling penting dalam pelaksanaan pelayanan adminduk bahkan bisa disebut sebagai “Nyawa Pelayanan” maka monitoring dan pemeliharaan rutin merupakan suatu keharusan agar jaringan pelayanan tetap berjalan tanpa kendala.

Pada hari ini, Jum’at (05/07), Tim Teknis Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK & PD) Disdukcapil melaksanakan monitoring dan pemeliharaan jaringan komunikasi data di beberapa Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan. Kondisi yang ditemui dilapangan, adanya gangguan jaringan komunikasi data pada UKL Kecamatan Sutera sehingga pelayanan adminduk pada UKL Sutera mengalami kendala.

Setelah berkoordinasi dengan provider penyedia jaringan dan konsultan teknis jaringan dari pihak DataLink, tim teknis melakukan perbaikan perangkat dan settingan pada perangkat pelayanan dilanjutkan dengan ujicoba koneksivitas antara perangkat pelayanan dengan server database pelayanan di dinas kabupaten. Ujicoba penarikan dan pengiriman data dari dan menuju server database pusat di kemendagri juga dilaksanakan dan di observasi dalam waktu tertentu sehingga pelayanan adminduk dinyatakan telah dapat berjalan dengan lancar.

Terkait dengan infrastruktur jaringan yang memang bisa dikatakan cukup”tua” dan tidak berbanding lurus dengan perkembangan dunia Teknologi Informasi (TI) namun hal tersebut tidak membuat kita mengurangi kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Sebagaimana disampaikan oleh Sartoni Nursalim, S.Kom (Kepala Bidang PIAK & PD Disdukcapil Kab. Pesisir Selatan) bahwa Dirjen Dukcapil Kemendagri sendiri menyatakan bahwa infrastruktur jaringan komunikasi data pelayanan adminduk memang sudah sepantasnya untuk diperbaharui karena telah ada dan digunakan sejak tahun 2009 – 2010 sehingga jangankan perangkat di daerah, perangkat yang ada di pusat pun harus di perbaharui.(Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube