Headline News

header-int

LAYANAN DUKCAPIL MERDEKA

Jumat, 16 Agu 2019, 10:27:23 WIB - 143 | Anton Mahendra Amra
LAYANAN DUKCAPIL MERDEKA

Painan (16/08). Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan meluncurkan sebuah Inovasi Pelayanan dengan Tagline “Layanan Dukcapil MERDEKA” atau “Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil MEmbahagiakan masyaRakat DEngan KemudAhan”. Dalam inovasi pelayanan ini, Disdukcapil akan menerbitkan dokumen kependudukan berupa Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak bagi bayi kelahiran baru tanggal 17 Agustus 2019, serta Kartu Keluarga dengan penambahan anggota keluarga baru.

Untuk persiapan pelayanan ini, Kepala Dinas Dukcapil Pesisir Selatan menginstruksikan Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil serta Unit Kerja Layanan Kecamatan agar memonitor rumah sakit umum, klinik bersalin dan bidan mandiri jika terdapat kelahiran baru. “Staf Dinas dan UKL sudah kita sebar untuk berkoordinasi dengan lembaga terkait agar Layanan Dukcapil Merdeka ini dapat menerbitkan dan menyerahkan dokumen kependudukan bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-74 ini” ujar Kadis Dukcapil, Evafauza Yuliasman, yang akrab disapa Datuak Tigo Lareh.

Inovasi Layanan Dukcapil Merdeka digagas dengan memanfaatkan momentum HUT RI ke-74 Tahun 2019 ini. Pelayanan ditujukan bagi bayi kelahiran baru untuk mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak bertepatan dengan Peringatan Hari Besar Nasional serta Kartu Keluarga dengan penambahan anggota keluarga baru. Pelayanan ini diharapkan memberikan kebahagiaan dan kemudahan berlimpah bagi masyarakat karena mendapatkan anggota keluarga baru dan langsung juga memperoleh dokumen kependudukan dengan mudah tanpa repot mengurus karena petugas layanan akan mendatangi langsung ke lokasi proses kelahiran. Selain itu, pelayanan yang dilakukan di UKL juga akan menyerahkan Kartu Identitas Anak kepada siswa setelah pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI di tiap kecamatan.

“Kita akan terus berinovasi untuk memberikan kebahagiaan dan kemudahan bagi masyarakat dalam pelayanan adminduk dan juga akan memanfaatkan momentum hari besar nasional dan keagamaan untuk memberikan pelayanan khusus agar masyarakat tetap merasakan bahwa Pemerintah Daerah selalu dekat dan ada bagi mereka” tutup Datuk Tigo Lareh. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube