Headline News

header-int

LAYANAN ADMINDUK SEMARAKKAN HARI ANAK NASIONAL 2019

Selasa, 23 Jul 2019, 17:08:10 WIB - 47 | Anton Mahendra Amra
LAYANAN ADMINDUK SEMARAKKAN HARI ANAK NASIONAL 2019

Painan (23/07). Dalam rangka menyemarakkan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan memberikan pelayanan adminduk khusus terhadap anak-anak untuk kelengkapan dokumen dan data kependudukan.

Petugas dari Dinas Dukcapil dan Unit Kerja Layanan Kecamatan dikerahkan untuk mendatangi sekolah-sekolah dari tingkat taman kanak-kanak hingga ke tingkat menengah pertama untuk memberikan dokumen kependudukan bagi anak-anak berupa Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Selain itu, petugas juga menyasar ke Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Ibu dan Anak, Praktek Bidan Mandiri dan jika didapati ada ibu melahirkan maka akan diterbitkan kartu keluarga dengan penambahan anggota keluarga baru, akta kelahiran dan kartu identitas anak bagi bayi yang baru lahir.

“Data dan dokumen kependudukan ini adalah bentuk pemenuhan hak dasar penduduk dan perlindungan oleh negara dalam pengakuan status pribadi dan status kependudukan serta sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan data kependudukan dan akurat, valid dan mutakhir” demikian tegas Kepala Dinas Dukcapil Kab. Pesisir Selatan saat memberikan instruksi kepada seluruh staf dinas dan UKL kecamatan.

Dengan memanfaatkan momentum hari anak nasional ini, maka seluruh aparatur pelayanan dinas dan UKL melakukan penerbitan dan penyerahan langsung dokumen kependudukan di sekolah dan ditempat yang telah ditentukan tersebut. Pelayanan yang dilaksanakan di UKL Kecamatan Lengayang telah menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) di SDN 27 Pasar Kambang sebanyak 222 keping, SDN 13 Pasar Kambang 227 keping dan di SDN 05 Pasar Kambang sebanyak 78 keping. UKL Kecamatan IV Jurai melakukan penyerahan KIA di SMPN 2 Painan sebanyak 83 keping. UKL Kecamatan IV Nagari Bayang Utara menyalurkan KIA di SDN 05 Muara Air sebanyak 46 keping dan SDN 06 Puluik-puluik sebanyak 54 keping. UKL Kecamatan Batang Kapas menyerahkan di TK IT. Izzatul Qur’an sebanyak 15 keping dan SDN 28 Jorong Nan Tigo sebanyak 10 keping. UKL Kecamatan Bayang menyerahkan 102 keping KIA di SDN 23 Apa Jaya, sementara UKL Kecamatan Lunang menerbitkan KIA 12 keping, KK 3 lembar dan Akta Kelahiran 6 lembar yang diserahkan kantor UKL. Total Kartu Identitas Anak yang diterbitkan dan didistribusikan dalam rangka hari anak nasional ini berjumlah 849 keping, kartu keluarga 3 lembar dan Akta Kelahiran sebanyak 6 lembar. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube