Headline News

header-int

DUKCAPIL PESSEL IKUTI BIMBINGAN TEKNIS FRONT OFFICER SE SUMATERA BARAT

Minggu, 30 Jun 2019, 14:58:05 WIB - 30 | HERU MALZ HARPENDI, S.Kom
DUKCAPIL PESSEL IKUTI BIMBINGAN TEKNIS FRONT OFFICER SE SUMATERA BARAT

Painan (30/06) Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia serta pelayanan Administrasi Kependudukan yang baik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan ikut berpartisipasi dalam Bimbingan Teknis petugas pelayanan adminduk (front officer) Kabupaten/Kota se Sumatera Barat yang di laksanakan hari jumat sampai minggu tanggal 28-30 Juni 2019 bertempat di Chinangkiak Dreampark, Koto Singkarak Kabupaten Solok. Berkesempatan hadir dari Dinas Dukcapil Kabupaten Pesisir Selatan yang di wakili oleh Kepala Unit Kerja Kecamatan Sutera Basri Hasanuddin, Kepala UKL Kecamatan Lunang Fendri Darma Yoga dan staf pegawai ukl Kecamatan lainnya.

Acara yang di buka langsung Kepala Dinas PPKBKPS Provinsi Sumatera Barat Bapak H. Novrial, SE, MA, Akt menyampaikan sambutannya dan berharap para peserta mengikuti acara mulai dari awal sampai akhir dengan harapan semoga dapat di terapkan dalam pekerjaan sehari-hari di setiap Kabupaten/Kota se Sumatera Barat dan di lanjutkan dengan materi Komparasi Visual pelayanan Adminduk front officer.

Dalam kesempatan selanjutnya juga ada pembahasan tata cara berintekraksi dan praktek bagaimana melayani masyarakat bagi petugas front officer yang disampaikan oleh Direktur Bank Nagari Cabang Solok Ibu Thahira Kemala, ST. Selanjutnya dibahas materi Komunikasi yang efektif dalam pelayanan publik disampaikan oleh Dr. Akmal, M.Si,

Tak ketinggalan pula Kepala Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman Bapak Muhammad Fadhly juga berkesempatan menyumbangkan pemikirannya kepada peserta, beliau mengatakan “Sekitar 20% komplain pengguna layanan mengeluhkan pelayanan yang diterimanya dan itu ditujukan kepada Front-officer.
Sekitar 1,5% komplain ditujukan kepada pemegang kebijakan, yang ada diback office, sedikit yang mengeluhkan karena mereka tidak terlibat bertatap muka, tetapi berkepentingan memgambil kebijakan pelayanan.
Dan sisanya, sebagian besar tidak menyampaikan komplain, bahkan berakibat buruk pada instansi pemberi layanan karena mereka akan mengeluh di media sosial, di warung bahkan pada kompetitor lainnya.

Oleh karenanya, front officer perlu menjadi perhatian utk ditingkatkan kualitas pelayanannya dengan memberikan pembinaan, kesempatan training, bahkan reward.
Selain itu, perlu membuka diri dengan penyediaan sarana pengaduan dalam bentuk apapun baik manual maupun yang bernuansa kekinian/elektronik” tegasnya.

Dan pada kesempatan itu juga Kepala Unit Kerja Layanan Kecamatan Sutera Basri Hasanuddin setelah di komfirmasi mengatakan ”sangat berterima kasih sekali dengan diadakannya acara tersebut dan perasaan bangga sebagai utusan dari Dinas Dukcapil Kabupaten Pesisir Selatan dan berharap Kedepan berharap semoga kita menjadi front-officer yang smart dan mampu melayani dengan baik” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube