Headline News

header-int

DUKCAPIL PESSEL BANTU KEMENAG DENGAN DATA KEPENDUDUKAN

Rabu, 03 Jul 2019, 17:17:47 WIB - 36 | HERU MALZ HARPENDI, S.Kom
DUKCAPIL PESSEL BANTU KEMENAG DENGAN DATA KEPENDUDUKAN

Painan, (02/07) Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan memang sangat penting bagi kedua Instansi tersebut, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang mempunyai Tugas Pokok melaksanakan Urusan Pemerintahan Daerah dan Tugas Pembantuan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil memang sangat mendukung dalam menjalin sinergi dalam pemanfaatan Pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK), data kependudukan, dan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dalam pelayanan jamaah haji dan umrah.

Hari ini bertempat di Kantor Dinas Kasi Pengolahan dan Penyajian data Kependudukan Dinas Dukcapil kabupaten Pesisir Selatan Bapak Yusmardianto, S.H, MM mengatakan “PKS ini menjadi babak baru terintegrasinya sistem kita dengan Kemenag sehingga pelayanan, pembinaan, dan pengawasan jamaah haji dan umrah ke depan diharapkan menjadi lebih maksimal dan optimal,”ungkapnya.

Pada kesempatan lainnya beliau menyampaikan sinergi ini dilatarbelakangi bahwa kemenag tidak bisa bekerja sendiri dalam penyelenggaraan haji dan umrah, oleh karena itu mereka butuh menjalin sinergi melalui lintas kemenag dan OPD Dukcapil.

Sinergi ini dinilai penting, khususnya dalam konteks penyelenggaraan umrah seiring terus meningkatnya minat masyarakat beribadah umrah karena antrian haji yang sangat panjang.

Kedepan semoga perjanjian kerjasama antara Kemenag dengan Dukcapil dapat efektif serta peran para pihak dalam singkronisasi dan validasi data dalam penyelenggaraan haji dan umrah melalui pemanfaatan NIK data kependudukan serta KTP Elektronik,”tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube