Headline News

header-int

DUKCAPIL FINALISASI PERJANJIAN KERJASAMA DENGAN LEMBAGA PELAYANAN PUBLIK

Jumat, 23 Agu 2019, 19:03:52 WIB - 20 | Anton Mahendra Amra
DUKCAPIL FINALISASI PERJANJIAN KERJASAMA DENGAN LEMBAGA PELAYANAN PUBLIK

Painan (23/08). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan memproses finalisasi perjanjian kerjasama pelayanan dengan lembaga pelayanan publik dibidang kesehatan milik pemerintah dan swasta yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan. Hari ini, Jumat (23/08), Dinas Dukcapil mengundang pihak RSUD Tapan, RSKIA Permata Hati Painan, RSU BKM Sago dan Klinik SSM Silaut untuk penyampaian draft perjanjian kerjasama serta bentuk dan teknis pelayanan.

Kerjasama yang akan dilaksanakan berupa pelayanan penerbitan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak langsung dilokasi rumah sakit atau klinik tersebut. Hal ini untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan bagi anggota keluarga kelahiran baru tanpa harus datang ke Dinas Dukcapil.

Pelayanan dengan tagline “LADO KUTU” atau Layanan Dokumen Kependudukan Terpadu ini sudah berjalan di RSUD M. Zein Painan untuk melayani verifikasi dan validasi data kepesertaan BPJS dan penerbitan dokumen pada peristiwa penting penduduk dan kependudukan yang terjadi di rumah sakit berupa kelahiran dan kematian, serta perekaman KTP-elektronik bagi pasien yang telah wajib KTP namun belum perekaman dan memiliki KTP-elektronik.

Para pihak yang hadir sangat antusias dengan rencana kerjasama tersebut dan sangat berharap agar kerjasama ini dapat terwujud dalam waktu dekat.”Sewaktu HUT RI ke-74 17 Agustus 2019 yang lalu, Disdukcapil dengan layanan Dukcapil Merdeka-nya telah memberikan pelayanan penerbitan dokumen kepada keluarga pasien yang melahirkan di tempat kami dan ternyata sangat disambut positif oleh mereka, dan tentunya kami berharap layanan seperti terus ada beriringan dengan layanan kami” tutur Ozi Nova Zilita, Pihak Manajemen RSKIA Permata Hati Rawang Painan yang hadir pada pertemuan tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil, Evafauza Yuliasman, Dt. M.A Tigo Lareh, menyatakan bahwa akan terus mengupayakan kemudahan pelayanan untuk membahagiakan masyarakat salah satunya dengan bekerja sama dengan lembaga pelayanan publik lainnya. “Kami akan terus menggandeng para pihak yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selain untuk memudahkan masyarakat untuk urusan adminduk, juga memberikan nilai tambah pelayanan kepada rumah sakit, klinik dan bidan” ujar beliau. Setelah proses finalisasi ini, akan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah Perjanjian Kerjasama antara Disdukcapil dengan lembaga-lembaga tersebut. “Kita akan melaporkan hal ini kepada Bupati dan berharap dukungan serta arahan beliau dalam pelaksanaannya nanti” tutup Kepala Dinas Dukcapil. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube