Headline News

header-int

DPPKBKPS PROVINSI LAKSANAKAN MONEV PEMANFAATAN DATA DAN PEMELIHARAAN DATABASE

Selasa, 09 Jul 2019, 17:23:56 WIB - 36 | Anton Mahendra Amra
DPPKBKPS PROVINSI LAKSANAKAN MONEV PEMANFAATAN DATA DAN PEMELIHARAAN DATABASE

Painan (09/07). Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKBKPS) Provinsi Sumatera Barat mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan pada hari ini, Selasa (09/07) dalam rangka Kegiatan Rutin Bulanan Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Data Kependudukan serta Pemantauan Pemeliharaan Database Pelayanan Adminduk.

Rombongan yang terdiri dari Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan, Deni Lesmana Darusamin, ST dan Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi, M. Nazif, S.Sos didampingi 2 orang tenaga teknis dan 2 orang Administrator Database (ADB) tersebut melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan data kependudukan oleh lembaga pengguna yang dilakukan secara online melalui web service ataupun berupa data yang disajikan dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Rombongan yang diterima oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK & PD) Disdukcapil Kab. Pesisir Selatan, Sartoni Nursalim, S.Kom, disajikan perkembangan data kependudukan yang telah dimanfaatkan oleh lembaga pengguna yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sebelumnya telah melakukan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Disdukcapil sebagai data dasar dalam pelaksanaan kegiatan pada OPD tersebut.

Monitoring juga mencakup tentang pemeliharaan dan pengamanan database kependudukan yang digunakan dalam pelayanan adminduk. Proses backup data harian,mingguan dan bulanan, antivirus dan antimallware yang digunakan sampai dengan kondisi kelistrikan pada server. Server Database kependudukan pada Dinas Dukcapil yang telah terhubung dengan server data di kemendagri melalui aplikasi E-Monev juga menjadi perhatian oleh tim teknis provinsi, karena semenjak di rilis Tahun 2017 lalu sampai dengan Tahun 2019 ini, baru Pesisir Selatan dan 3 Dinas Dukcapil Kab/Kota lain yang telah menerapkannya sehingga untuk pelaporan data pelayanan tidak lagi memberikan laporan manual secara berkala.(Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube