Headline News

header-int

DISDUKCAPIL MANTAPKAN PERSIAPAN PENILAIAN ANUGERAH PANDU NEGERI 2019

Rabu, 17 Jul 2019, 17:17:33 WIB - 19 | Anton Mahendra Amra
DISDUKCAPIL MANTAPKAN PERSIAPAN PENILAIAN ANUGERAH PANDU NEGERI 2019

Painan (15/07). Kabupaten Pesisir Selatan terpilih sebagai nominator Anugerah Pandu Negeri 2019. Adapun penghargaan Anugerah Pandu Negeri ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Indonesian Institue for Public Governance (IIPG) yang memberikan penilaian terhadap pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola pemerintahan yang amanah.

Pada tahap pertama, penilaian dilakukan terhadap seluruh pemerintah daerah sebanyak 548 pemerintah daerah dengan kriteria penilaian mencakup Anti Korupsi, Tata Kelola Keuangan, Tata Kelola Pemerintahan dan Kinerja Ekonomi. Untuk penilaian tahap kedua, Kabupaten Pesisir Selatan tergabung dengan 93 kabupaten lainnya di Indonesia, 30 Kota dan 12 Provinsi.

Pada tahapan kedua ini, daerah yang masuk nominasi diharapkan mempersiapkan materi untuk penilaian aspek Strategic Innovation yang memiliki bobot terbesar dalam penilaian. Strategic Innovation adalah inovasi yang dapat menghasilkan transformasi tata kelola maupun pertumbuhan di bidang sosio-ekonomi dan pembangunan daerah jangka panjang.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan yang menjadi salah satu objek penilaian untuk kriteria pelayanan publik pun mempersiapkan diri dengan mematangkan bahan-bahan yang akan disampaikan pada saat penilaian akhir yang direncanakan dilaksanakan pada akkhir Bulan Juli 2019 ini. Elemen-elemen penilaian digodok semaksimal mungkin dengan berkoordinasi dengan Asisten Pemerintah Umum dan Bagian Humas Protokoler Sekretariat Daerah selaku koordinator persiapan penilaian. Inovasi-inovasi yang digagas oleh Dinas Dukcapil akan diajukan dalam unsur penilaian, terutama Inovasi Layanan “Salam Sapa Ke Pintu Rumah” (Sistem layanan Administrasi Masyarakat Sampai Ke Pintu Rumah) yang terdiri dari Layanan PASS NIKAH (Perubahan Status Saat Pernikahan) yang memberikan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan bagi pasangan pengantin baru bersamaan dengan proses akad nikah, Layanan TURUD BERDUKA (Turun ke Rumah Duka Berikan Dokumen Kematian) yang memberikan dokumen akta kematian terhadap penduduk yang meninggal dunia kepada ahli waris dan Layanan BERPUTAR (Berkeliling Kampung Jemput Antar) yaitu pelayanan yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Layanan (UKL) di tiap kecamatan dengan cara berkeliling ke kampung-kampung untuk menjemput bahan dokumen kependudukan masyarakat untuk kemudian diproses dan setelah selesai akan diantar kembali ke rumah penduduk tersebut. Layanan BERPUTAR ini juga melayani antar jemput penduduk untuk perekaman KTP elektronik terutama bagi penduduk yang dengan kondisi tertentu (Disabilitas, Lansia dan ODGJ).

“Selain untuk penilaian ini, kita juga bertujuan agar inovasi yang telah kita gagas dapat dikenal secara luas diskala nasional” demikian tegas Kepala Dinas Dukcapil Kab. Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman, yang lebih akrab disapa "Datuk Tigo Lareh". (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube