Headline News

header-int

BAWASLU KEMBALI VERIVALI DATA KEPENDUDUKAN

Kamis, 01 Agu 2019, 17:29:23 WIB - 43 | Anton Mahendra Amra
BAWASLU KEMBALI VERIVALI DATA KEPENDUDUKAN

Painan (01/08). Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk verifikasi dan validasi data kependudukan berdasarkan Daftar Pemilih Tetap, Daftar Pemilih Tambahan dan Daftar Pemilih Khusus pada Pemilu Presiden dan Legislatif 17 April 2019 yang lalu, pada hari Rabu (31/07). Bawaslu R.I telah menginstruksikan kepada Bawaslu di daerah untuk memulai persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 perihal data potensi jumlah pemilih dan potensi permasalahannya.

“Untuk mengetahui pergeseran data potensi pemilih ini, maka kami berkoordinasi langsung dengan Dinas Dukcapil untuk mendapatkan data penduduk wajib KTP, meninggal, pindah, datang dan perubahan status dan pekerjaan yang mengakibatkan jika dulunya penduduk tersebut memiliki hak pilih dan sekarang tidak, atau sebaliknya dengan rentang waktu selama Tahun 2019” ujar Syaf, staf Divisi Penanganan Konflik Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan.

Penyajian data yang disampaikan oleh Dinas Dukcapil kepada Bawaslu berupa data kuantitatif yaitu data agregat kependudukan dan untuk penyandingan dan pencocokan disajikan berupa data By NIK By Address. Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK dan PD) Disdukcapil Pesisir Selatan, Sartoni Nursalim, S.Kom, menjelaskan bahwa untuk penyajian data yang dibutuhkan oleh bawaslu, telah dilakukan pengolahan data terkait data kuantitatif dan data perorangan yang dibolehkan untuk diakses sesuai aturan yang berlaku. “Dengan data dasar yang dimiliki oleh bawaslu, akan disandingkan dan dicocokan dengan data dukcapil untuk diverifikasi dan validasi” jelas beliau.

Dinas Dukcapil Pesisir Selatan melalui Bidang PIAK dan PD secara bertahap juga telah mulai mempersiapkan data-data yang nantinya dibutuhkan untuk menghadapi Pilkada 2020. Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) nantinya diterbitkan oleh Kemendagri R.I, namun Lembaga Penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) di daerah tetap akan berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota terkait validitas data kependudukan. “Ini merupakan agenda besar daerah dan nasional, tentunya kita akan berkontribusi penuh sesuai petunjuk teknis dan pelaksanaan dari Kemendagri nantinya” tutup Kabid PIAK dan PD. (Ant)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Follow Me : Facebook Youtube